Rabu, 02 November 2016

main yukk

beberapa hari terakhir ada "fenomena baru" yang gua temui di lingkungan tempat gua tinggal sementara ini, sebenarnya sih gak baru baru banget dan juga gak aneh , tapi karena udah lama gak keliatan dan sekarang muncul lagi itu yang ngebuat gua jadi ngerasa ini sebagai "fenomena baru". mungkin kegiatan ini muncul lagi karena ada tren atau emang mau ada event yang berhubungan dengan ini.


lo pasti bingung yee "fenomena baru" apa yang gua maksud diatas wkwkwk, fenomenanya adalah tren penggunaan sepatu roda di kalangan bocah-bocah tempat gua menetap untuk sementara ini. gua fikir awalnya emang cuma komplek sekitar gua aja yang bocah-bocahnya pada maenan sepatu roda , tapi gua ngeliat juga di beberapa daerah anak-anaknya juga lagi pada seneng maenan sepatu roda, bahkan temen gua sendiri cerita kalo adeknya yang paling kecil (adeknya masih kelas 5 sd) itu sampe ngerengek minta ke ortunya buat dibeliin sepatu roda , alesannya biar bisa maen bareng yang laen dan biar gak ketinggalan jaman.

gua pikir mereka cuma maenan sepatu roda di siang atau sore hari doang, tapi ada juga mereka yang maenan di malam hari. katanya mereka sih biar makin jago mainnya dan biar gak bosen kalo dirumah. ngomong-ngomong sepatu roda itu hits di indonesia sekitar tahun 80an sampe 90an , habis itu gua jarang nemuin anak-anak yang seneng mainan sepatu roda di tahun 2000an (apalagi pas adanya game di ps atau di pc).

tapi yang mau gua bahas sebenarnya bukan masalah sepatu rodanya, tapi masalah permainan yang lagi hits di kalangan bocah-bocah. gua pribadi bersyukur lahir di pertengahan tahun 90an dan ngerasain masa kecil di awal sampe pertengahan tahun 2000an , kenapa ? karena gua dan temen-temen di angkatan gua atau yang diatas gua merasakan yang namanya main diluar rumah bareng temen-temen.

ada banyak permainan yang bisa gua mainin bareng temen-temen gua , olah raga semacem sepak bola/basket/voli/badminton atau permainan tradisional kayak bentengan/petak umpet/lompat karet/galasin/kelereng/catur jawa/kotak pos/ dan masih banyak permainan tradisional lainnya yang gua lupa namanya. di berbagai daerah juga mainin permaian yang sama tapi namanya aja yang beda dan mungkin ada beberapa tamabahan peraturan di masing-masing daerahnya. dan mainnya juga gak cowo sama cowo atau cewe sama cewe aja tapi cowo main sama cewe pun juga bisa (dalam konteks yang sewajarnya lohh yee, awas jangan mikir yang enggak-enggak wkwk). biasanya juga cowok vs cewe atau campuran. atau bahkan kita bisa jalan-jalan ke komplek lainnya buat ngadu permainan itu.

tapi kegiatan main bersama diluar itu selesai sewaktu gua lulus dari sd. bukan berarti gua dan temen-temen seumuran gua udah gak mainan itu lagi setelah lulus sd , kita masih main permainan itu tapi gak sesering waktu masih sd kayak gua dan temen-temen gua pas smp pernah main kutom (kuda tompok) di dalem kelas pas guru gua kaga masuk (jangan dicontoh yakk hehehe). tapi anak-anak yang dibawah gua udah gak pada keliatan buat mainin permainan yang sama kayak yang gua mainin sama anak-anak seumuran gua atau diatas gua. mereka lebih suka main dirumah dengan psnya atau game di komputer/laptopnya.

gua gak tau apa emang cuma perasaan gua doang atau lo yang seumuran dengan gua ngerasa hal yang sama, yaitu permainan yang dimainin diluar rumah dan bareng-bareng itu lebih asik dibandingin sama game-game ps/x-box/laptop/komputer manapun. karena dengan maen diluar rumah , gua ngerasain dampak yang besar banget. gua bisa latihan sosialisasi , gua bisa latihan buat tau rasanya punya temen , gua latihan ngomong di depan orang banyak dan masih banyak lagi manfaat yang gua dapetin ketimbang mainan dirumah doang dengen kemajuan teknologi.

bukannya berarti gua ngelarang buat mainan dengan game-game canggih yang ada sekarang , tapi menurut gua jangan lupa juga buat mainin permainan tradisional yang ada , dan menurut gua itu lebih seru.

kenapa gua nulis panjang lebar gini karena gua rada ngerasa miris aja gitu dengan kedaan sekarang yang dimana anak anak kecil tuh lebih seneng main dengan game canggihnya dirumah dan akhirnya mereka jadi rada susah buat berbaur dengan anak-anak seumurannya. dan gua yakin banyak anak-anak kelahiran 90an juga ngerasain apa yang gua rasain kayak yang gua tulis barusan. dan sekarang dengan ngeliat adanya anak-anak di deket komplek gua mainan sepatu roda barengan ngebuat gua yakin bahwa mungkin ini saatnya anak-anak bakal balik ke mainan tradisional yang gua sama temen-temen gua mainin dulu (amin).

menurut lo, permainan tradisional apa yang lo suka dan ada keseruan apa dibalik hal itu ?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar